Senin, 08 Juni 2015

LPJ KETUM HMI KOMISARIAT SOSPOL UNIDAYAN



I. Pendahuluan.
Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Tiada ucapan yang paling mulia untuk memulai laporan ini selain ungkapan rasa syukur yang tak terhingga atas kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahnya kepada kita sekalian, sehingga masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk dapat berkumpul dan menjalin silaturahmi dalam suasana kekeluargaan yang selalu bernafaskan islam untuk membahas agenda-agenda keumatan didalam forum yang terhormat dalam rapat Anggota Komisarit SOSPOL Unidayan Cabang Baubau yang ke-II.

Sholawat dan salam selalu tercurahkan kepada Nabi Allah Muhhamad s.a.w beserta keluarga dan para sahabatnya  yang mengantarkan alam ini dari masa jahilyah hingga mewariskan kepada kita jalan keselamatan berupa pedoman dan tuntunan yang sempurnah bagi kehidupan dunia dan akhirat. Semoga kita sekalian selalu merindukannya dan diperjumpakan di kemudian hari kelak. Amin Ya Rabbal Alamin.

Saudara-saudaraku peserta sidang yang terhormat..
Satu periode kepengurusan yang terbilang singkat ini, ungkapan terima kasih kepada seluruh teman-teman atas semangat yang bergelora dari tiap-tiap pengurus untuk saling berhimpun,membangun demi eksistensi keberadaan komisariat Sospol yang kita cintai. Langkah demi langkah telah coba kami jejakan, dari rangkulan tangan yang saling bergenggaman erat diantara kita sekalian, namun tak terasa ternyata masa kepungurusan lama sebentar lagi akan berkahir dan akan dilanjtukan bagi pengurusan yang baru kedepannya. Perjuangan selama ini memang terlihat sederhana namun menurut kami ini merupakan sebuah amanah yang sangat besar, sebab menjaga nama baik lembaga yang telah membesarkan kita sekalian di bendera Hijau Hitam Komisariat Sospol Unidayan. Hal ini dikarenakan komisariat ini baru dapat berdiri pada tahun 2013 yang lalu dan alhamdulillah kita sebagai kepengurusan pertama komisariat ini dapat mempertahankan perjuangan para senior yang begitu panjang menghadapi dinamika politik demi melahirkan komisariat pada tahun 2008 yang lalu. Meski demikian  kami pun tak mengellakan begitu banyak pula kekurangan-kekurangan yang kami goreskan dalam mengemban amanah sebagai pengurus selama ini.

Saudara-saudara sekalian peserta sidang yang terhormat...
Kejujuran dan ketulusan hati untuk berintropeksi diri secara objektif menjadi suatu kemestian agar forum yang mulia ini benar-benar dapat menjadi langkah awal untuk merangkai masa depan yang gemilang. Forum RAK merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi untuk menentukan proses jalannya organisasi yang kita cintai ini. seuntai harapan pada kita semua agar evaluasi dan proyeksi nantinya dapat dihasilkan dari sebuah pemikiran yang cerdas, serta dengan hati yang bernurani, kerena semuanya hanya semata-mata untuk himpunan mahasiswa islam, bukan siapa-siapa.

Pada saat inilah harapan untuk lebih serius memperbaiki HMI khususnya komisariat Sospol Unidayan di uji dengan segala sistem untuk memperbaiki secara legal formal perlu dilakukan dalam forum RAK. Dengan segala kerendahan dan ketulusan hati, perkenankan kami menyampaikan laporan pertanggung jawaban dari amanah yang kami emban selama satu periode kepengurusan dengan sistematika sebagai berikut:

I.         Pendahuluan
II.      Kondisi Objektif
III.   Evaluasi dan Proyeksi
IV.   Laporan Hasil Kegiatan
V.      Penutup

Adapaun beberapa pelaksanaa program kerja yang sudah kami jalankan terlampir dalam laporan pertanggung jawaban ini. Dengan pengharapan yang begitu tinggi semoga segala kekurangan yang kami jalankan selama ini dapat di perbaiki lebih baik lagi oleh pengurus komisariat yang baru nantinya jika telah terpilih. Segala kelemahan dan kekurangan kami tentunya harus dikubur dalam-dalam. Apabila ada kelebihan mapun manfaat dari segala aktifitas yang kami jalankan selama ini kiranya dapat mengacu bagi pengurus kedepannya untuk lebih baik lagi.

II. KONDISI OBJEKTIF
Kondisi Internal.
Ada sebercik asa yang sempat menghinggapi kepengurusan kami selaku Komisariat yang baru di lahirkan belum lama ini. Ibarat bayi, kami berusaha untuk bisa berjalan seimbang seperti komisariat yang terlebih dahulu didirikan. Dengan segala usaha yang begitu keras, alhamdulillah komisariat sospol dapat beridiri dan berjalan dengan baik, meskipun demikian belum dapat berlari untuk mengejar komisariat lainnya yang telah banyak melahirkan kader. Sebab selama kepengurusan saat ini kami sekalian berusaha menjadi penyimbang untuk bisa berdiri bersama-sama dengan komisariat lainnya dengan menjalankan sepenuhnya program kerja kepengurusan. Sehingga kami lebih banyak fokus menunjukan eksistensi dengan berbagai kegiatan kemayarakatan sehingga aktifitas pengkaderan melalui perekrutan anggota sedikit dijalankan. Oleh karenanya penambahan jumlah kader kurang begitu signifikan meningkat, akan tetapi bukan berarti tidk ada dan tidak dilaksanakan.

Sikap asa itu kemudian semakin dipertambah saat presidium lain dalam Komisariat Sospol Unidayan mendapatkan amanah tambahan saat mengemban jabatan di luar lembaga ini untuk menjaga mission secret HMI menghijau hitamkan kampus. Sala satu pengurus itu dinataranya saudara Sunar Diayansa menjabat sebagai Ketua BEM Sospol, Arman Zukuri sebagai Ketua HMPS Administrasi Negara Sospol Unidayan. Namun dengan suatu etikad yang begitu besar, sehingga tantangan dan beberapa tantangan yan kami hadapi dapat di selesaikan satu persatu meskipun kadang berjalan tersendat-sendat. Hingga kewajiban yang seminimal mungkin dapat kami jalankan, demi mengayuh roda organisasi Komisariat Sospol unidayan tetap berjalan.

Kondisi Eksternal
Sebagai organisasi dikenal oleh banyak orang tentunya begitu banyak tantangan dari luar yang dihadapi oleh HMI Komisariat Sospol Unidayan. Dengan begitu banyaknya lembaga eksternal kemahasiswaan yang lain, nuansa berbeda dihadapi oleh komisariat ini untuk dapat bersaing. Nuanasa persaingan itu dapat dirasakan melalui prestasi akademik, maupun akhlak yang di distribusikan oleh kader masih rendah dibanding dengan lembaga islam lainnya. Posisi ini tentunya dapat mengurangi penilaian setiap orang maupun secara kelembagaan Fakultas Sospol Unidayan terhadap lembaga ini. Sehingga dapat berimplikasi terdapap kurangnya kepercayaan dari senior. Baik yang berada didalam maupun diuar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik untuk selalu mendukung secara materi maupun non materi demi menjaga eksistensi HMI menjadi melemah.

III. EVALUASI DAN PROYEKSI
Bercermin dari kepengurusan periode ini, maka ada beberapa hal penting yang patut menjdi perhatian kita bersama sebagai bahan evaluasi dan proyeksi untuk dapat dilakasnakan bagi kepengurusan berikutnya.

Pertama, harus ada peneguhan hati (komitmen) untuk benar-benar membulatkan tekad dan terus menjaga api gelora semangat anggota maupun pengurus kedepan untuk lebih opimal menghasilkan kinerja-kinerja komisariat yang lebih baik lagi.

Ke-dua, layaknya sebagai organisasi kemahasiswaan maka semestinya seluruh pengurus inti maupun anggota lainnya harus memperbaiki tradisi intelektual (membaca & diskusi), serta kedisiplinan dan akhalak  harus di benahi kembali. Karena kader Hmi ketika berada di tengah-tengah mahasiswa dipandang sebagai mahasiswa yang tidak religius,sekuler, dan bahkan cenderung liberal.

Ke-tiga, pemahaman seluruh kader tentang substansi Mission HMI harus di permantap kembali. Harapannya gerak kader tidak boleh statis dibentengi oleh dinding sekretariat semata mempertahankan intelektual. Intelektual juga penting tetapi misi keumatan dan kebangsaan harus diperhatikan. Wacana dan isu sosial juga patut untuk di kaji, dibahas,dan di tuntaskan bersama. Sebab tidak dapat dipungkiri saat ini orang yang di anggap cerdas di HMI yaitu mereka yang ahli berfilsafat, sementara diluar dari pada itu dipandang tidak cerdas.

IV. LAPORAN HASIL KEGIATAN
Adapun capaian Kinerja HMI komisairat SOSPOL Unidayan periode 2013-2014 saat ini dapat dilihat melalui program kerja pengurus yang telah diselesaikan. Ada 5 (Lima) point program yang disusun yaitu :

1.    Melaksanakan Basic Training (BASTRA).
2.    Melaksanakan kajian.
3.    Melaksanakan kegiatan – kegiatan sosial.
4.    Melaksanakan perayaan hari – hari besar Islam.
5.    Melaksanakan follow up materi  (Bastra)

Kami menyadari bahwa dengan segala usaha dan keterbatasan yang kami miliki, dari sekian program kerja tersebut tidak sepenuhnya 100% dapat di selesaikan. Dari ke-enam program kerja yang telah disediahkan, ada 1 point yang belum dapat dijalankan pada periode kepengurusan saat ini. Rata-rata presentase kinerja saat ini yaitu sebesar 80% (persen). Adapun beberapa program yang dapat dijalankan diantaranya sebagai berikut.

1. Melaksanakan Basic Training
Sebagai organisasi pengkaderan, sebagai pengurus perdana HMI Komisariat Sospol Unidayan pada peridoe ini telah menyelesaikan 2 (dua) kali basic training HMI.
Bastra Pertama, di selenggarakan pada tanggal 22 Rabiul Awal 1435 H bertepatan dengan tanggal 24 Januari 2014 M dengan tema Menyemaikan “NDP Hmi sebagai dasar gerak kader”. Basic perdana ini di ikuti oleh 25 peserta dan yang menyelesaiakan training sebanyak 18 orang oleh berbagai fakultas internal maupun eksternal unidayan. Untuk internal fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu yang menyelesaikan trianing ini yaitu sebanyak 7 orang.
Bastra Kedua,diselenggarakan pada tanggal 27 Jumadil Akhir 1436 H atau bertepatan pada tanggal 16 April 2015 M dengan tema “Internalisasi Konstitusi HMI dalam membentuk Kualitas Insan Cita”. Basic angkatan ke-dua ini di ikuti oleh 16 peserta dan yang dapat menyelesaikan training sebanyak 7 orang.

2. Melaksanakan Kajian
Dalam upaya peningkatan kualitas dan pemahaman anggota, kajian-kajian non formal dilakukan juga oleh pengurus terutama terkait tentang Ke-HMI-an, dan fenomena sosial yang terjadi di lingkup Kota Baubau.

3. Pelaksanaan Hari-Hari Besar Islam
Sebagai organisasi yang berasaskan islam, selama kepengurusan perdana HMI Komisariat Sospol Unidayan telah melaksanakan 2 kali kegiatan perayaan hari besar agama islam. Adapun kegiatan itu dinataranya yaitu :
Pertama, mempringati Maulid Nabi bersama anak yatim Piyatu di Masjid Panti Asuhan Muslimin Kota Baubau Betoambari dengan tema “Makna Maulid Dalam Membentuk Nilai Profetik Pada Perjuangan Pemuda Masa Kini”. kegiatan ini di ikuti oleh beberapa Komisariat, Osis Se-Kota Baubau, dan lembaga kemahasiswaan Se-Unidayan dan organisasi lainnya. Pada kesempatan kegiata ini dibuka oleh Kabid Pemberdayaan Umat Pengurus HMI Cabang Baubau oleh Kanda La Ode Sakiyudin serta di pandu oleh Kanda Laode Ibrahim,S.Pdi selaku narasumber.

Kedua, Buka puasa bersama anak yatim piyatu bertempat di Warung Kopi Mangga Dua Kelurahan Batulo. Kegiatan ini di hadiri juga oleh beberapa Alumni dan komisariat Cabang Baubau serta di pandu oleh Ustadz Majid Nene selaku pembawa cerama. Pada kegiatan ini juga pengurus memberikan santunan kepada anak yatim yang semoga amal ibadah seluruh kader HMI dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Kegiatan ini bertema “Merajut Keceriaan bersama menyabut Bulan Suci Ramdhan” dengan tujuan membentuk ukhwa islamiya antar sesama kader dan umat islam lainnya.

4. Melaksanakan Follow Up Materi Basi
Kami menyadari bahwa pelaksanaan follow up materi basic training kepada peserta tidak berjalan sebagaimana yang dininginkan. Akan tetapi beberapa kesempatan selama periode kali ini kegiata follow up materi juga dilakasanakan pasca basic training selesai. 

Selain kegiatan yang dilakukan sesuai dengan program kerja yang pernah dilaksanakan, Komisariat Sospol juga sempat mengelaurkan beberapa 6 Jurnal Hijau Hitam setiap minggunya. Jurnal ini berguna dalam rangka promoasi serta memberikan informasi yang insya Allah dapat bermanfaat bagi pembaca dalam menjaga wacana intelektual HMI. 

(Peringatan Maulid Nabi Bersama Anaka Yatm Piyatu)

(Sambutan Kabid PU Cab.Baubau Peringatan Maulid)

(Pemberian Santunan Kepada Pengurus Masjid Panti Asuhan)

(Pembukaan Bastra Ke-II Komisariat Sospol Unidayan)

(Penyerahan Nama Peserta Bastra Dari Ketum Ke MOT)

(Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piyatu)

(Jurnal Hijau Hitam Komisariat Sospo Unidayan)

(Saat Pelantikan Pengurus Komisariat Sospol 2013-2014)

V. PENUTUP
Demikianlah laporan kerja ini kami sampaikan, dengan harapan dalam forum yang muliah ini dapat dibangun sebuah formulasi perbaikan yang komprehensif. Kami sangat yakin dari rahim forum ini akan lahir ide-ide cerdas. Akhirnya dengan segala kerendahan hati kami mohon masukan dari seluruh kader agar kedepannya kita bisa memperbaiki diri masing-masing demi Komisariat Sospol Unidayan tercinta. Atas perhatian dan partisipasi teman-teman kami ucapkan terima kasih. Dengan rasa yang paling tulus dan ikhlas kami memhon ma’af atas segala kekurangan,kesalahan, kelalaian selama kami mengenggam amanah dalam periode kali ini. Akhirnya sebagai kata penutup, ada pepatah bijak yang perlu kita pegang bahwa, Tidak Perlu Hebat Untuk Berbuat, Tetapi Berbuatlah Untuk Menjadi Hebat.

Bilahhitaufik Walhidayah 
Wassalamu Alaikum Wr.Wb

                                                                       Baubau, 13  Sya’ban 1436  H
                                                                            31  Mei       2015 M

YAKIN USAHA SAMPAI..

 HORMATKU

SYAHRIL.H
KETUA UMUM/DEMISIONER

 

1 komentar: